Membangun Nilai Kemanusiaan di Yayasan Islamic Center Iqro’

Isu mengenai bencana Somalia sudah merebak luas. Adalah Mahasiswa Peduli Somalia (MPS) yang bergerak dalam menyosialisasikan persoalan kemanusiaan yang tengah dialami negara tersebut. Aksi MPS nyatanya tidak hanya sampai pada lingkungan kampus, namun juga merambah pada lingkungan sekolah.

Tim MPS melakukan kegiatan sosialisasi di Yayasan Islamic Center Iqro’. Kegiatan perdana tersebut dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu  (SMPIT) Iqro kamis (1/3/2012). Rupanya para siswa SMPIT Iqro’ sedikit tidak bersemangat karena sedang menunaikan ibadah puasa, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat mereka untuk bertanya mengenai materi yang disuguhkan oleh Tim MPS. Donasi yang berhasil digalang adalah Rp 2.900.000.

Selang tiga belas hari selepas kegiatan fundrising di SMPIT Iqro’, Rabu (14/3/2012) Tim MPS yang terdiri dari perwakilan mahasiswa UIN, UI, dan UNJ beranjak menuju SDIT Iqro’ untuk melakukan penggalangan dana. Sekolah yang berlandaskan syariat Islam tersebut dengan antusias menerima Tim MPS sebagai bagian dari kerjasama kemanusiaan.

Masjid seluas 20×15 meter itu seketika penuh ramai disesaki para siswa kelas satu sampai dengan enam SD. Kegiatan ini direspon secara terbuka oleh para siswa dan staf sekolah, hal ini terlihat dari semangat seluruh siswa dan guru dalam menyaksikan penampilan dari Gerakan Pendongeng Untuk Kemanusiaan (GPUK). Tidak sedikit siswa maupun guru yang tidak melepaskan pandangannya dari dongeng yang dikisahkan oleh kakak-kakak GPUK.

Dua jam berlalu, setelah menyuguhkan dongeng dan pemutaran film dokumenter Somalia, kegiatan pun berakhir. Kegiatan diakhiri dengan penggalangan dana yang diberikan oleh para siswa SDIT Iqro’. Donasi terkumpul sebesar Rp 9.700.000.

Bagi MPS, merupakan kebanggaan yang teramat besar bisa memberikan pemahaman mengenai kemanusiaan kepada para siswa sekolah karena nilai kepedulian baiknya dibetuk sedari dini. Hal itu dapat merangsang jiwa sosial masyarakat. Kerjasama Tim MPS dengan Yayasan Islamic Center Iqro dapat menjadi pintu gerbang penyadaran akan nilai kepedulian bagi siswa. (Amel)



About komunitaspedulisomalia

Mahasiswa Peduli Somalia merupakan komunitas dari berbagai mahasiswa di Indonesia yang peduli terhadap masalah kemanusiaan masyarakat Somalia. Terbentuk secara resmi diakhir tahun 2011, MPS memiliki fokus kegiatan dalam bidang Pendidikan bagi masyarakat somalia. Serta melakukan kegiatan kampanye sekaligus penggalangan dana untuk pendidikan di Somalia. dari MEREKA untuk MEREKA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: