RESENSI BUKU “REVITALIZATION OF SOMALIA”

Oleh: Fitria Muhammad (Pengurus MPS)

          Buku ini mencoba mencari solusi yg praktis untuk memulihkan kondisi somalia yang lebih baik agar dapat mengurangi krisis kemiskinan dan kekacauan demi keamanan. Buku ini terbatas menganalisis ketidaksesuaian somalia dari permasalahan dimensi politik, ekonomi dan sosial. buku ini juga merupakan penjelasan dari perjalanan penulis selama berkecimpung didunia politik sebagai kandidat presiden somalia pada 2004, buku ini bertujuan memperbaharui dan memperluas dan menjelaskan lebih jauh mengenai pendapatnya tentang kekuasaan di somalia. Sebagai perantara buku ini menyediakan pandangan – pandangan yg berbeda, untuk mengajak kelompok lain yg memiliki kepentingan dan ideologi masing – masing agar setiap pihak coba mencari solusi untuk krisis somalia. Alasannya bahwa somalia sangat sakit dan lelah akibat adanya sekularisasi, peperangan, pengkotak – kotakkan dari beberapa golongan.
Isi dari buku ini merundingkan teori dan metodelogi administrasi modern sehingga menganjurkan perdamaian yang menyeluruh dan kebijakan yang tumbuh, demikian itu mengandung metode – metode yang ilmiah dan artistik dalam memadukan pemerintahan modern, gaya hidup, pendudukan dan cara baru untuk menghapuskan kekacauan dan krisis somalia. Teori dan metodologi dalam buku ini dijelaskan secara strategis dalam tradisi lokal somalia seperti keaadaan, kondisi, kebudayaan, dan fakta di lapangan. Artinya itu tidak di batasi hanya dengan pendidikan ilmiah dan sisi kesehatan tapi juga dorongan spiritual untuk pelatihan, penyadaran, pembalajaran, pengarahan dan penyembuhan mental. revitalisasi dari somalia adalah tema dari berbagai masalah politik dan pembangunan berdasarkan berbagai pendekatan metodologi.
Qasim Hersi Farah lahir pada desember 1969 di Abudwak, Somalia. Qasim merupakan lulusan dari institut perikanan di mogadishu, Somalia pada 1986. Dan mendaftarkan di universitas nasional somalia pada tahun yg sama, dan menjadi lulusan termuda dari hukum Islam pada 1990.
Tahun 1997 ia mendapat gelar master di universitas islam internasional malaysia di Kuala Lumpur dengan bidang ilmu hukum komparatif dari 1999 sampai 2005. Qasim juga sudah menulis disertasinya “ keburukan negeri di somalia” di universitas malaysia. Pada 2007 dia mendapat penghargaan lain dari universitas malaysia terkait “kebijakan hukum dan lingkungan”. Selama menulis buku ini pada tahun 2009 qasim melakukan riset doktoral terkait “kebijakan bahari somalia” di universitas york, kanada.
Qasim telah melahirkan 39 buku dengan beragam disiplin ilmu mengenai Somalia, baik dari sisi sosial politik, lingkungan, agama dalam berbagai bahasa yakni Inggris, Somalia dan Arab. Dia juga penulis tetap dalam beberapa jurnal dan majalah. Secara politis, qasim adalah seorang wartawan lepas yg menganalisis politik di somalia. Sepanjang 1998, qasim dengan penuh pengabdian berjuang untuk perdamaian dengan melobi kelompok-kelompok pesaing di Somalia dengan bantuan persatuan internasional dan PBB.
Inilah intisari buku yang dapat saya pahami, semoga dengan sedikit ilmu ini menambah pengetahuan kita tentang Somalia. Dan membuat kita yang konsern terhadap isu-isu afrika khususnya krisis di somalia menjadi lebih bersemangat untuk menjadi salah satu bagian dari solusi somalia walaupun sedikit. amin (Fitria/MPS)

About komunitaspedulisomalia

Mahasiswa Peduli Somalia merupakan komunitas dari berbagai mahasiswa di Indonesia yang peduli terhadap masalah kemanusiaan masyarakat Somalia. Terbentuk secara resmi diakhir tahun 2011, MPS memiliki fokus kegiatan dalam bidang Pendidikan bagi masyarakat somalia. Serta melakukan kegiatan kampanye sekaligus penggalangan dana untuk pendidikan di Somalia. dari MEREKA untuk MEREKA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: