Akibat Perang Sipil di Somalia

Siapa yang menyangka di akhir tahun 1980an pada masa pemerintahan Mohamed Siad Barre, Mogadishu yang merupakan ibukota Somalia yang diakui sebagai ibukota paling aman dan bersih di dunia. Rupanya tidak hanya itu, pada 15 tahun pertama pemerintahan M.S. Barre revolusi merubah militer Somalia menjadi salah satu kekuatan militer paling powerful di Afrika, dari segi ekonomi juga meningkat tajam dan diakui sebagai salah satu Negara yang memiliki ekonomi terbaik di afrika. Untuk keamanan Negara ini juga menjadi Negara yang paling staabil di Afrika

Hingga pada akhir tahun 1985, pemerintahan rezim ini mulai melemah dan makin terpuruk. Konsekwensinya, Negara ini terbagi menjadi beberapa clan dan sub-clan, dan mulailah terjadi peperangan antar clan terutama antar clan besar.

Singkatnya Somalia krisis penggerak pemerintahan selama dua dasawarsa hingga tanggal 26 january 1991 President Mohamed Siad Barre kehilangan kekuasaannya. Kemudian dibentuklah pemerintah transisi (Transitional National Government) yang dibentuk di Djibouti, namun pemerintah transisi ini gagak berfungsi dengan baik. Kemudian dibentuk lagi Transition Federal Government yang di back up oleh pemerintah Ethiopian yang dibentuk di Kenya. Namun sayang pemerintah ini pun tak banyak membantu. Hal ini di dasarkan kan ketidakpercayaan rakyat sipil pada pemerintah transisi.

Setelah bertahun-tahun terjadi perang sipil dan kehancuaran akibat ketidak jelasan dalam menjalankan pemerintahan, rakyat Somalia mulai kehilangan harapan dan cita-cita mereka . banyak orang akhirnya menjadi sakit dan lelah mendengar hal buruk tentang Somalia, dan memutuskan untuk menolak berita apapun yang berasal dari tanah air mereka sendiri.

Mereka menjadi putus asa dengan system pemerintahan dan mereka hanya bisa menanamkan kepercayaan mereka pada sebuah system yang melindungi mereka dalam melawan ketidakadilan dan melindungi hak-hak mereka untuk hidup ,untuk menikmati yang apa yang menjadi milik mereka,untuk menikmati kemerdekaan,dan untuk menjalankan keinginan mereka dengan bebas.

Somalia adalah Negara yang kaya akan segala jenis sumber alam baik dari darat maupun laut termasuk keanekaragaman binatang ternak, margasatwa, hasil pertanian, mineral dan hasil hutan, seperti gas alam, minyak,uranium,batu besi,timah, gypsum,bauksit, tembaga, garam dan keanekaragaman hayati yang berlimpah. selama dua dasawarsa perang sipil yang terjadi di Somalia, sudah banyak percobaan/usaha untuk meng-explore beberapa hasil alam negri ini hususnya di daerah Putland walaupun tak satupun dari mereka berhasil melakukanya. Sebagai contohnyaAmerika Oil Company, Range ResaourcesComp.Ltd, Korean National Oil Company dan banyak lagi lainya yang berniat mencari minyak dan gas di area-aea Las Anod dan Erigabo. Dengan cara yang sama,beberapa potensi mineral lainya yang mempengaruhi ekonomi termasuk timah, batu bara, emas, batu manggan, uranium, zink sudah explore disekitar tempat yang sama. Somalia adalah tempat terbaik untuk menghasilkan uang, karena sumber alamnya, tenaga manusianya, iklim, pasar dan fasilitas penting lainya tersedia sepanjang waktu . namun itu semua tidak ada artinya tanpa adanya kedamaian dan keamanan yang dapat dicapai karena dua sebab inilah yang membuat tidak satu perusahaanpun yang berhasil mendapatkan tujuan mereka di Somalia. kedamaian dan keamanan ini juga yang bisa membuat Rakyat Somalia kembali memiliki Harapan akan Negerinya dan membuat Somalia kembali mencapai masa keemasaanya sepertia pada tahun 80an dahulu.(Fatma/MPS)

About komunitaspedulisomalia

Mahasiswa Peduli Somalia merupakan komunitas dari berbagai mahasiswa di Indonesia yang peduli terhadap masalah kemanusiaan masyarakat Somalia. Terbentuk secara resmi diakhir tahun 2011, MPS memiliki fokus kegiatan dalam bidang Pendidikan bagi masyarakat somalia. Serta melakukan kegiatan kampanye sekaligus penggalangan dana untuk pendidikan di Somalia. dari MEREKA untuk MEREKA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: