GERAKAN PARA PENDONGENG UNTUK KEMANUSIAAN

Image

          Pada kesempatan ini kami ingin memperkenalkan salah satu mitra dalam gerakan kepedulian untuk Somalia, yaitu dari kalangan para pendongeng yang tergabung dalam GPPK (Gerakan Para Pendongeng untuk Kemanusiaan). Kami bertemu dengan GPPK dalam wadah yang sama yaitu KISS (Komite Indonesia Solidaritas Somalia) melalui perantara ACT (Aksi Cepat Tanggap). Tentu bertemu dengan para pendongeng ini merupakan pengalaman baru yang berharga karena selain semakin luasnya jaringan kepedulian ini, semakin besar pula kesempatan kami untuk belajar suatu hal yang baru.

            Pada beberapa kesempatan antara lain saat sosialisasi dan fundraising di sekolah dasar, kami mengunakan media kisah kemanusiaan yang dibantu oleh tim dari GPPK untuk menyampaikan pesan berkenaan masalah yang ada di Somalia.”Subhanallah” (red. Maha Suci Allah) adalah kata pertama yang kami lontarkan saat bekerjasama dengan kakak-kakak dari GPPK ini. Begitu indah cara mereka berkisah dengan bahasa anak yang santun, penuh makna dan begitu mengena di hati anak- anak.

            Kak Dwi, salah satu pencetus dari GPPK, mengatakan bahwa gerakan ini memiliki misi yakni bertujuan untuk menyebarluaskan progam “Milk For Somalia Kids” bersama ACT yang kurang lebih sama dengan apa yang kami lakukan. Bedanya, kami dari MPS (Mahasiswa Peduli Somalia) menekankan pada isu perbaikan pendidikan untuk anak- anak di Somalia. Tiga hal yang saat ini memang menjadi fokus kami untuk mewujudkan perbaikan di Somalia, yaitu masalah kesehatan, keamanan dan pendidikan untuk anak- anak.

            GPPK menggandeng para pendongeng dengan berbagai latar dan kemampuan untuk mengurai kisah tentang Somalia. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi MPS kedepannya karena misi yang dibawa terus berjalan dengan ada dan tanpa adanya GPPK selanjutnya. Anak- anak saat ini perlu ditumbuhkan rasa kepeduliannya, sehingga diharapkan akan tumbuh generasi baru yang lebih peka akan permasalahan lingkungan dan kemanusiaan, maka dirasa tepat menanamkan hal ini melalui dongeng ataupun kisah kemanusiaan. Semoga GPPK maupun gerakan kepedulian lainnya yang dilakukan semata- mata untuk kemanusiaan semakin berkembang dan makin berkualitas. Sukses Untuk GPPK! Salam Dongeng! (Anis/MPS)

About komunitaspedulisomalia

Mahasiswa Peduli Somalia merupakan komunitas dari berbagai mahasiswa di Indonesia yang peduli terhadap masalah kemanusiaan masyarakat Somalia. Terbentuk secara resmi diakhir tahun 2011, MPS memiliki fokus kegiatan dalam bidang Pendidikan bagi masyarakat somalia. Serta melakukan kegiatan kampanye sekaligus penggalangan dana untuk pendidikan di Somalia. dari MEREKA untuk MEREKA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: