Karena Umat Muslim Bagaikan Satu Jasad

Saudaraku Peduli Somalia yang budiman…

            Salah satu masalah kemanusiaan terbesar di dunia ini adalah masalah kemiskinan. Sebuah masalah yang melanda umat manusia termasuk didalamnya umat Islam. Masalah kaya miskin dalam masyarakat kadang-kadang dipandang sebagai masalah rawan karena keadaan demikian dapat menimbulkan kesenjangan dan masalah sosial.

Somalia sebuah negeri di ujung tanduk benua Afrika yang sedang mengalami komplikasi penyakit, dari sakit perekonomian, demam kerusuhan hingga kemiskinan yang kronis. Dan fakta dilapangan mengatakan masyarakat Somalia memeluk Agama Islam 100 %.

Bencana kemanusiaan Somalia tidak hanya bencana dunia tetapi bencana umat, yaitu umat Islam. Islam telah menunjukan kepada Kita bahwa kaum muslim bagaikan satu jasad. Sesama muslim harus saling membantu dalam hal kebaikan, menjauhi kemungkaran, melaksanakan kebajikan dan selamat dari kesengsaraan.

Umat muslim bagaikan satu jasad”, inilah yang membangunkan rasa cinta dan empati dari para muslimah-muslimah Indonesia yang terhimpun dalam Forum Ukhuwah Lembaga Dakwah Fakultas Kedokteran (FULDFK) Se-Jabodetabek.

Tepatnya pada hari Ahad 27 Mei 2012 di Kampus Universitas Indonesia, Salemba. Sebuah agenda besar yang di gagas para muslimah FULDFK. Ditengah-tengah rangkaian acara terdapat sesi sosialisasi bencana kemanusiaan Somalia yang diisi oleh Mahasiswa Peduli Somalia. Sesi sosialisasi terkait bencana Somalia, diawali dengan perkenalan tentang Mahasiswa Peduli Somalia. Selanjutnya, sosialisasi pun dimulai dengan pemutaran film rekam jejak kondisi bencana Somalia serta penjelasannya. Dengan khidmat dan penuh keseriusan sahabat FULDFK menyimak penjelasan mengenai tragedi bencana kemanusiaan Somalia.

Tidak terasa penghujung sosialisasi pun tiba. Sebelum diakhiri, MPS memberikan kesempatan kepada sahabat FULDFK untuk memberikan pertanyaan / wacana solusi / sharing seputar Somalia.

“Dengan kondisi Saya sebagai mahasiswa yang masih aktif kuliah, dan masih banyak tugas kampus, Apakah yang bisa Saya bantu untuk Somalia?” Tanya Azizah, Seorang mahasiswi Fakultas Kedokteran YARSI Jakarta. Selanjutnya MPS memberikan jawaban dari pertanyaan Azizah. Secara sederhana, kontribusi yang dapat kita lakukan dapat berupa apa saja. Kesibukan aktivitas keseharian tidak menjadi alasan untuk menunda kontribusi Kita dalam memberikan kesembuhan untuk saudara kita, Somalia. Apapun bentuk bantuan yang diberikan, Somalia pasti butuhkan. MPS pun memberikan fasilitas-fasilitas baik materi maupun non-materi yang memudahkan masyarakat Indonesia untuk memberikan kontribusi.

Karena terbatas dengan waktu yang telah ditentukan panitia, Sosialisasi pun ditutup.  Alhamdulillah, Respon yang MPS terima dari hasil di agenda Kemuslimahan FULDFK luar biasa antusias. Bahkan untuk kedepannya, Sahabat FULDFK akan menindak lanjuti kerjasama antara MPS dan FULDFK untuk memberikan kontribusi pada bencana kemanusiaan Somalia. Inilah nikmatnya, umat muslim bagaikan satu jasad.

 Image

Saudaraku Peduli Somalia yang baik hatinya…

Allah swt menciptakan setiap diri manusia memilki banyak kelebihan. Oleh karena itu, setiap kelebihan yang dimiliki hendaknya dapat memberikan manfaat baik dirinya maupun sesama. Sesibuk apapun aktivitas kita, Allah masih memberikan waktu lebih untuk memberikan peluang dalam berkontribusi untuk membantu sesama, apapun bentuknya. (Paisal/MPS)

 

About komunitaspedulisomalia

Mahasiswa Peduli Somalia merupakan komunitas dari berbagai mahasiswa di Indonesia yang peduli terhadap masalah kemanusiaan masyarakat Somalia. Terbentuk secara resmi diakhir tahun 2011, MPS memiliki fokus kegiatan dalam bidang Pendidikan bagi masyarakat somalia. Serta melakukan kegiatan kampanye sekaligus penggalangan dana untuk pendidikan di Somalia. dari MEREKA untuk MEREKA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: