Profil

Mahasiswa Peduli Somalia (MPS) adalah wadah penampung aspirasi dan dukungan terhadap pengentasan permasalahan kemanusiaan di Somalia yang dipelopori oleh mahasiswa di seluruh pelosok Indonesia.

MPS berdiri pada bulan Januari tahun 2012 sebagai komunitas di bawah lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Komite Indonesia untuk Solidaritas Somalia (KISS). Penanganan bantuan dilakukan dengan melakukan pemulihan ranah pendidikan terhadap anak-anak yang berdomisili di Mogadishu. Mogadishu adalah daerah pengungsian korban peperangan menahun. Pendidikan yang diusung yakni berupa trauma healing sehingga diharapkan anak-anak di Somalia perlahan mengalami recovery emosional sehingga memiliki mimpi-mimpi kembali.

Program jangka panjang MPS merujuk pada pemulihan beberapa ranah, seperti kesehatan, sanitasi lingkungan, gizi buruk, rawan pangan, dan  konflik sosial.

Pendanaan program-program MPS berasal dari donasi publik yang pemanfaatannya akan diaudit untuk penyaluran bantuan bencana di Somalia.

Saat ini, terdapat empat kampus yang telah bergabung dalam komunitas MPS, kampus tersebut adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Islam Negeri Jakarta (UIN), dan STEI Tazkia Bogor. MPS masih membuka kesempatan bagi berbagai kampus di seluruh Indonesia untuk bergabung bersama MPS dalam memberikan kontribusi terbaiknya.

STRUKTUR KEPENGURUSAN MPS

Ketua Umum

Adnan Mubarak (UI)

Sekretaris Umum

Amalia Larasati Oetomo (UIN Jakarta)

Bendahara Umum

Fitria Muhammad (UIN Jakarta)

Humas

Fatma Muhammad (UIN Jakarta)

Paisal Aripin (UIN Jakarta)

Media dan Dokumentasi

Ani Setiya Rahayu (UIN Jakarta)

Inggar Saputra (UNJ)

Kerelawanan

Dian Intan Yasmin Putri (UIN Jakarta)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: